Wednesday, July 20, 2011

Analisa Pasar untuk Bisnis

Analisa pasar untuk apa? Bagi orang yang kurang tahu-menahu tentang dunia bisnis, mungkin tidak penting itu adanya analisa pasar. Jualan ya tinggal menjual saja, yang penting ada modal, ada pekerja, promosi, barang terjual dan selesai.

Kalau hanya berpikir praktis dan pendek demikian, usaha atau bisnis akan berjalan di tempat di situ-situ saja.

Kini semakin banyak orang yang pintar berbisnis, dan demikian halnya semakin banyak persaingan yang terjadi. Disinilah dimana analisa pasar itu semakin dibutuhkan. Analisa pasar ada dan dibutuhkan untuk mengetahui hubungan antara permintaan dan penawaran barang maupun jasa. Analisa pasar bekerja dengan memperkirakan kapan ada permintaan akan barang atau jasa dan kapan harus tersedia.

Kini sudah semakin banyak orang-orang terutama kaum muda yang berani dan memutuskan untuk berkarir sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Bisnis seperti ini tidak akan berhasil optimal tanpa adanya analisa pasar. Inidibutuhkan untuk mengetahui kapan kira-kira orang-orang akan membutuhkan dan kapan permintaan akan barang ataupun jasa tertentu akan muncul.

Hal ini bisa saja dimulai dari hal kecil maupun kegemaran pribadi. Seperti misalnya saya memiliki kegemaran berkebun, dengan pengetahuan dan kemampuan yang saya punya, yang dibantu dengan analisa pasar, saya bisa mengetahui, apakah orang-orang juga memiliki minat yang sama? Apakah nantinya jasa dan produk yang saya sediakan akan dibutuhkan? Jika memang berdasar dari analisa tersebut usaha saya akan menghasilkan, saya bisa mengembangkan usaha jual-beli tanaman maupun usaha konsultan gardening (berkebun) yang sedikit-sedikit bisa dikembangkan menjadi jasa pembuatan kebun sesuai dengan analisa pasar yang terus menerus saya lakukan.

Usaha bidang restoran pun juga demikian. Satu kegemaran semisal susu sapi, apakah nantinya akan banyak orang yang juga gemar akan susu sapi? Dan inovasi apa saja yang bisa saya lakukan agar banyak orang yang tertarik? Lalu olahan serba susu dan susu segar dengan berbagai rasa bisa dicoba dikembangkan untuk menarik pelanggan.

Sebagai contoh lain seperti banyaknya wi-fi hotspot tersedia dan diaplikasikan sehingga semakin manambah fasilitas dan kenyamanan pelanggan. Hal ini akan semakin terbantu dengan adanya strategi pemasaran yang baik. Usaha rumahan maupun usaha kecil (dan besar) lainnya pun juga harus secara berkesinambungan melakukan analisa pasar secara terus menerus dan mengembangkan usaha mereka sesuai dengan permintaan pasar.

No comments:

Post a Comment