Wednesday, October 12, 2011

Peluang Usaha Laundry dan Analisa Pasarnya

Usaha laundry merupakan usaha skala kecil menengah yang cukup digemari, naha bagaimana analisa pasar dan peluang untuk bisnis yang cukup menggiurkan ini? Apakah benar bisa meraih omset jutaan bahkan puluhan juta rupiah dari bisnis laundry? Tentu saja semua bisa terlaksana buktinya kita banyak melihat pengusaha laundry yang telah membuktikannya. Nah, untuk mempelajari seluk beluk bisnis laundry, kita akan mencoba menilik analisa pasar mengenai peluang dan kemungkinan daya kompetensi dari usaha laundry terlebih dahulu. Analisa pasar bisnis laundry kali ini akan membandingkan antara bisnis laundry usaha pribadi serta laundry franchise.

Bagi Anda yang ingin memulai lundry dengan skala resiko rendah, kami sarankan untuk memulai dengan menggunakan bisnis laundry franchise. Tentu saja akan ada banyak keuntungan, baik dari segi jumla pelanggan dan daya saing. Karena sudah memiliki merk ternama, maka akan cukup mudah bagi Anda untuk memasarkan barang dagangan dan memperoleh keuntungan sejak bulan awal pembukaan usaha laundry Anda. Namun, juga terdapat kekurangan karena dari segi modal Anda harus mempunyai modal yang cukup besar serta membayar loyalty dan dana komisi untuk perusahaan franchise induk.

Untuk analisa pasar bisnis laundry pribadi, kita akan membicarakan dari segi modal terlebih dahulu. Anda tidak membutuhkan modal besar untuk persiapan jasa keuangan dan membeli brand karena Anda lah yang akan membuat brand baru. Anda bisa memulai bahkan dengan ukuran kios laundry yang sangat kecil dan beberapa mesin cuci standard. Untuk harga, Anda pun bisa lebih flexible dan membuat promo sesuka hati Anda untuk menarik konsumen. Dari kekurangannya, tentu saja Anda harus bersaing mati-matian untuk bisa bertahan dan menarik konsumen.

Apapun pilihan Anda, Anda harus bisa mengoptimalkan segala sesuatu dan memanfaatkan keadaan dengan baik. Analisa pasar tidak hanya membantu Anda mengetahui kekurangan dan kelebihan bisnis Anda, namun juga melihat peluang dan menganalisa keadaan masyarkat dan keinginan pasar yang sebenarnya. Dengan melakukan analisa pasar setiap waktu Anda bisa mengetahui selera konsumen saat ini dan menetapkan strategi marketing yang lebih baik.

1 comment: