Thursday, August 11, 2011

Analisa Pasar Bisnis Musiman, Parcel di Bulan Ramadhan

Bisnis musiman ternyata juga perlu melakukan analisa pasar guna memperoleh keuntungan yang maksimal. Analisa pasar perlu dilakukan untuk membuka peluang tingginya penjualan ditengah maraknya persaingan sebagaimana kita tahu bisnis tiban pastinya sangan menguntungkan karena masyarakat membutuhkannya pada saat tertentu. Tentu saja sebagai konsekuensinya persaingan pun bertambah tinggi.

Meninginat ini adalah bisnis musiman dan sekarang kita tengah memasuki Ramadhan dan Lebaran, sudah barang tentu akan banyak bermunculan bisnis skala kecil (rumahan) dan menengah. Salah satu yang menjamur adala parcel. Banyaknya permintaan akan parcel selama bulan Ramadhan bisa menjadi peluang mengeruk keuntungan, namun jika anda melakukan analisis pasar yang salah Anda bisa mengalami kerugian.

Sekarang, kita akan membicarakan produk apa yang cocok untuk parcel modern sehingga parcel Anda bisa memenangkan persaingan dibanding dengan yang lain. Kue? Kue kering? Mungkin hal-hal tersebut yang terlintas pikiran Anda, namun itu berati anda membuat bisnis latah yang sudah banyak dilakukan orang-orang bukan? Mari kita mencoba ide lain.

Bagaimana jika Anda menjual produk parcel yang lebih tahan lama dan berkesan sehingga orang yang menerima pun bisa mendapatkan nilai guna. Yak, pakaian dan sarung bisa menjadi alternative yang baik. Anda cukup membungkus dengan variasi teknik membungkus yang unik atau kertas berwarna dan pita-pita dengan warna mencolok. Biasanya, pakaian yang laris berupa baju kok, mukena, jilbab, bahkan beberapa alat ibadah. Selain memberikan kesan yang lebih baik dan sopan, tentu saja orang yang menerima dapat menggunakan pemberian Anda untuk jangka waktu yang lama.

Selain produk, Anda juga harus memperhatikan range harga parcel Anda. Lakukan survey dan analisa pasar terhadap target customer Anda. Tidak memerlukan seorang jasa keuangan untuk masyarakat kelas menengah kebawah, maka lebih baik menjual produk dengan harga kisaran 50.000 rupiah sampai 100.000 rupiah. Saat ini tidak sulit menemukan grosir yang bisa menjual sarung dengan harga kisaran 18-20 ribu. Jadi dengan analisa pasar yang baik, Anda bisa mengoptimalkan bisnis musiman Anda bahkan mungkin bisa menjadikannya sebagai bisnis permanen.

No comments:

Post a Comment