Tuesday, September 13, 2011

Analisa Pasar Modal, Mutlak Dimiliki Oleh Para Investor

Sebagai seorang investor yang handal, maka sangatlah mutlak untuk bisa memiliki kemampuan analisa pasar modal. Mengapa demikian? Bukankah pasar modal berkaitan dengan pergerakan dan asset modal suatu perusahaan saja? Tentu saja analisa pasar modal diperlukan tidak hanya bagi pemilik perusahaan tersebut namun juga bagi orang-orang yang menanam saham dan menginvestasikan uangnya. Tentu saja perusahaan tempat kita menginvestasikan uang ini memiliki suku modal dan resiko tersendiri. Nah disinilah diperlukan kemampuan analisa pasar modal yang baik supaya investor dapat memilimakan resiko saat melakukan investasi dan membeli saham.

Berbeda dengan melakukan investasi sederhana seperti asuransi, deposito berjangka, atau tabungan di bank, investasi di pasar modal dan saham memiliki tingkatan resiko yang plaing tinggi. Tapi Anda tidak perlu khawatir jika Anda akan mengalami kerugian besar-besaran, asalakan tau bagaimana harus mengelola manajemen investasi dan memiliki analisa pasar modal dan saham yang tepat maka Anda bisa membuat perkiraan yang valid. Memiliki pengetahuan yang cukup, pengalaman, serta tidka pernah jenuh untuk menambah ilmum membuat kemampuan analisa pasar modal Anda bertambah dan hasil analisanya pun akan lebih terpercaya bukan hanya spekulasi semata.

Ada beberapa teknik dan tips dalam membuat analisa pasar modal. Berita pasar modal bisa membantu Anda mendapat referensi seputar dunia saham dan mengumpulkan data untuk melakukan analisa fundamental saham. Anda juga harus menilik kinerja perusahaam penerbit saham tersebut di Bursa Efek, menacari data profil perusahaan, dan melihat prospectus usaha perusahaan tersebut. Selain teknik analisa fundamental, Anda juga memerlukan kemampuan untuk melakukan analisa teknikan yang meliputi monitoring pergerakan volume penjualan dan trend di bursa efek. Dengan kemampuan ini, Anda bisa menentukan kapan waktu yang menguntungkan untuk mejual atau membeli saham.

Bagi Anda yang ingin bermain dalam saham dengan jumlah cukup besar berskla internasional namun belum memiliki kemampuan yang cukup, Anda tidak perlu takut. Anda bisa menemui beberapa ahli analisa pasar modal, berkonsultasi, dan menyewa jasa mereka untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.

No comments:

Post a Comment